Bagi Karwan, Lebaran Tahun Ini Prihatin

Home / Ekonomi / Bagi Karwan, Lebaran Tahun Ini Prihatin
Bagi Karwan, Lebaran Tahun Ini Prihatin Hasil pembuatan sofa santai, sesuai yang diharapkan pemesan. (Foto: Karwan/TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESCILACAP, CILACAPLebaran tahun ini prihatin. Kalimat itulah yang pertama kali diucapkan Karwan (44), bapak dengan 4 anak, yang masih berstatus pelajar, dan balita.

Dalam keseharian aktivitasnya, Karwan adalah pelaku jasa reparasi furniture seperti sofa, meubel, jok, spring bed serta barang furniture lainnya.

Pria yang sudah menggeluti pekerjaan ini sejak tahun 2003 secara otodidak ini kepada Times Indonesia, Sabtu (23/5/2020) malam, menceritakan tentang sepinya order.

"Tahun ini prihatin mas," ucapnya lirih.

sofa-santai-2.jpg

Biasanya, sebelum pandemi covid-19, dirinya nyaris tak henti melayani konsumen. Apalagi saat bulan puasa, lanjut dia, biasanya merupakan masa panen baginya.

Menurutnya, di bulan puasa beberapa rumah tangga biasanya mereparasi sofa atau furniture lainnya. Ada yang mengganti model dengan tidak membeli baru agar saat lebaran terlihat baru.

"Dibandingkan harus ganti baru ke toko meubel, dengan reparasi setidaknya akan meminimalisir anggaran," ucapnya.

Ditemui di rumah yang juga dijadikan sebagai workshopnya di Jl. Salak RT.05/03, Desa Menganti Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Karwan menambahkan, tidak hanya konsumen rumah tangga yang ia kerjakan. Sejumlah, tempat karaoke dan kafe di Cilacap jadi pelanggannya.

sofa-santai-3.jpg

Biasanya di bulan puasa, karaoke atau kafe tutup. Nah saat itu biasanya digunakan oleh pengelola untuk pembenahan tata ruang, atau sekedar reparasi sofanya.

Dalam pembuatan sofa baru, Karwan mematok harga yang bersahabat, kisaran 1juta rupiah per meter. Harga tergantung dari bentuk sofa yang diinginkan pemesan.

Untuk biaya reparasi, konsumen cukup sediakan anggaran antara 1-3 juta rupiah, serta melihat barang yang akan direparasi rusak atau tidak.

"Harga segitupun masih bisa digoyang, karena yang namanya usaha jasa, diharuskan memberi service yang bikin konsumen puas, itu prinsipnya, termasuk lentur dalam memberikan harga," ungkapnya.

Jika ada konsumen yang akan mereparasi atau membuat furniture, sofa, jok mobil, atau lainnya silakan hubungi usaha jasa "Reyhan Dhika" miliknya. "Cukup tekan nomor WA saya di 0858-7526-4648, saya pastikan harga di bawah toko meubel pada umumnya, karena kepuasan konsumen selalu saya utamakan," ujar Karwan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com