IOC Umumkan Jadwal Baru Olimpiade Tokyo 2020

Home / Olahraga / IOC Umumkan Jadwal Baru Olimpiade Tokyo 2020
IOC Umumkan Jadwal Baru Olimpiade Tokyo 2020 Api Olimpiade sudah ada di Tokyo sejak Jumat (20/03). (Foto: gettyimage)

TIMESCILACAP, JAKARTA – Setelah ditunda karena wabah Covid-19, Komite Olimpiade Internasional (IOC) secara resmi mengumumkan jadwal baru Olimpiade Tokyo 2020, yakni pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. 

Penetapan jadwal baru ini merupakan hasil rapat telekonferensi antara pemerintah kota Tokyo bersama Komite Olimpiade Internasional (IOC), Komite Paralimpiade Internasional (IPC), dan Tokyo 2020 Organising Committee.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Komite Atlet IOC, yang selama ini terus berhubungan. Dengan pengumuman ini saya yakin bekerja sama dengan Komite Penyelenggara Tokyo 2020, Pemerintah Tokyo dan Jepang serta semua pemangku kebijakan, kita dapat menyelesaikan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Bach setelah mengumumkan jadwal baru Olimpiade 2020, dilansir dari situs resmi Olimpiade.

"Saya juga ingin berterima kasih kepada federasi internasional atas dukungan bulat dan asosiasi kontinental dari Komite Olimpiade Nasional atas kemitraan besar dan dukungan mereka dalam proses konsultasi beberapa hari terakhir," lanjut Bach.

Rapat kordinasi dihadiri Presiden IOC Thomas Bach, Preisden Tokyo 2020 Mori Yoshiro, Menteri Olimpiade dan Paralimpiade Jepang Seiko Hashimoto, dan Gubernur Tokyo Koike Yuriko.

Ada tiga butir pertimbangan yang dijadikan acuan pihak komite dalam menetapkan tanggal penyelenggaraan Olimpiade 2020, yakni melindungi kesehatan atlet dari virus corona, melindungi kepentingan atlet dan olahraga Olimpiade, dan menyesuaikan dengan jadwal event olahraga internasional.

Pihak komite juga berharap, jadwal baru olimpiade 2020 ini akan membuat otoritas olahraga internasional punya waktu dalam menyelesaikan permasalahan imbas wabah corona.

Sebelumnya, pada Rabu (25/3/2020) pihak IOC memutuskan menunda gelaran Olimpiade Tokyo 2020 yang rencananya berlangsung pada 27 Juli hingga 11 Agustus tahun ini. Penundaan itu karena adanya pandemik global Covid-19 yang menimpa hampir semua negara di dunia. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com